Thursday, September 11, 2008

Menghilangkan Navbar melanggar TOS?


Apakah menghilangkan atau menyembunyikan atau memodifikasi blogger navbar melanggar Blogger TOS (Terms of Services)? Apakah dengan menghilangkan atau menghapus atau memodifikasi code html navbar di blogger template berarti sudah melanggar TOS?

Pertanyaan tadi seringkali diwarnai suara pro dan kontra sehingga memunculkan keraguan bagi kebanyakan blogger penghuni blogspot sebagai rumahnya. Anehnya suara yang menyatakan bahwa hal tersebut telah melanggar dan atau tidak melanggar TOS ternyata hanya didasarkan pada TOS yang sama.

Blogger Navbar
Bagi yang belum tau apa itu blogger navbar, blogger navbar atau blogger navigation bar adalah bar yang berada pada baris paling atas di setiap blognya blogspot.com yang berisikan Blogger logo, Search Blog, Flag Blog, Next Blog, Email Address, Dashboard dan Sign In/Out. Warna defaultnya biru tetapi user bisa mengganti warna ini menjadi warna yang lain.


Menurut panduannya, Navbar ini berfungsi untuk antara lain:
* [B]: Link ke www.blogger.com.
* Search Blog: Mencari kata yang anda masukkan kedalam search bar di blog yang sedang anda buka.
* Flag Blog: Menandai current blog as objectionable.
* NextBlog: Blog yang baru saja di update akan ditampilkan secara acak.
* [email address]: Jika anda sedang login maka email adress anda akan ditampilkan. Jika anda sedang tidak login maka tidak akan ditampilkan apa-apa.
* Dashboard: Jika status anda sedang login, jika anda mengklik dashboard maka dashboard anda akan ditampilkan
* Sign In/Out: Tergantung status anda saat itu, Jika sedang login yang akan ditampilkan adalah Sign In, begitu juga sebaliknya.

Alasan navbar tidak disukai
Alasan utama dari pemakai blogspot menghilangkan atau menyembunyikan navbar adalah mereka tidak ingin pengunjung blognya ketiban sial saat mengklik "NextBlog" karena blog yang ditampilkan secara acak saat si visitor mengklik "NextBlog" bisa aja "blog apa saja" :D Maksutnya blog yang "tidak disuka" ... Pokoknya blog yang itu deh :P Alasan lainnya biasanya supaya tampilan blognya bersih.

Melanggar TOS atau tidak?
Kembali ke leptop, menghilangkan atau menyembunyikan atau memodifikasi navbar itu melanggar blogger TOS atau tidak sih?
Ada blogger yang pede yakin banget menulis di blog-nya kalau di TOSnya blogger.com "secara tegas mengisyaratkan pengguna Blogger.com untuk tidak menghapus navigation bar jika ingin menggunakan layanan Blogger.com.” Untunglah akhirnya kalimat itu di hilangkan dari post-nya. Selain emang hal itu nggak ada di TOS nya blogger.com juga kontra produktif dengan tema postnya.

Memang agak mengherankan isi dari TOS-nya blogger tidak ada yang secara terang-terangan menyatakan bahwa memodifikasi atau menghilangkan atau menyembunyikan navbar adalah suatu pelanggaran terhadap blogger TOS. Tetapi anehnya di buzz.blogger.com bulan maret 2006 secara terang-terangan disebutkan bahwa itu adalah pelanggaran terhada TOS. Katanya, "You have always been able to run non-Google services on your blog. In the same way you can use Yahoo's Flickr to post photos to your blog, you can include an MSN Search box in your template. We consider it a violation of the terms to modify the Blogger navbar, but that's not what was reported to have happened here."

Nah lho ... Perhatikan kalimat tebal "We consider it a violation of the terms to modify the Blogger navbar" ... Jelas sekali..., tapi sejauh ini belum pernah ada yang melaporkan blognya di suspend karena sudah memodifikasi atau menghilangkan atau menyembunyikan si navbar. Barangkali ini karena si blogger lebih memikirkan laporan pelanggaran isi atau kontent dari blog daripada ngurusin laporan, blogger si anu navbarnya di ilangin ;)

Jadi kesimpulannya adalah silakan menghilangkan atau menyembunyikan atau memodifikasi navbar menjadi peak a boo, transparan atau ditaroh di baris paling bawah, dst, jika anda pikir itu lebih baik bagi anda. Yang merasa itu bahwa itu adalah pelanggaran silakan diam aja, nggak usah ribut-ribut, bikin masalah aja :D

No comments yet

Recent Comments