Thursday, November 13, 2008

Obama dan Bunga Citra Lestari


Sedang mencari foto Bunga Citra Lestari bugil? Mau download 3gp Bunga Citra Lestari sedang bugil? Atau tersesat di halaman ini karena direferensi'n sama si Mbah? hehehe ... Post ini bukan tentang bcl atau tebak-tebakan photo ;)

Ini tentang euforia si om Husein yang terpilih jadi presiden Amerika yang ke sekian. Dan berhubung saya malas ngetik dan kebetulan om Jaf bikin post yang sesuai dengan saya punya maksut, maka ... Si Jaf bercerita tentang tulisan Lynda Ibrahim tentang euforia Obama di Indonesia, sbb:

Artikel di Jakarta Post edisi 9 November lalu berjudul “On Obama: Hopeful, inspired but never wishful”. Dalam artikel itu, Lynda Ibrahim si penulis secara kritis antara lain menyoroti bagaimana kita orang Indonesia larut dalam euforia kemenangan Obama, hanya karena dia pernah menjalani masa 4 tahun di Indonesia, pernah sekolah di SD Negeri biasa seperti kebanyakan kita, ikut upacara bendera dan membaca Pancasila setiap Senin, makan bakso segede bola tennis, main kasti, punya saudara angkat orang Indonesia dan masih banyak kenangan lagi.

Obama bagaimanapun adalah orang Amerika. Ingat, dia berjuang keras dari bawah untuk bisa diakui sebagai orang Amerika tulen, bukan orang Indonesia. Ketika Indonesia bangga memanggilnya dengan ‘Barry’ sebagaimana kawan-kawan SDnya dulu memanggilnya, konon saat kuliah dia malah minta dipanggil ‘Barack’ sebagai bagian dari upayanya untuk menegaskan identitas budayanya sebagai warga Afro-Amerika, bukan ‘Afro-Indonesia’. Malah pengalaman 4 tahun di Indonesia ditambah nama tengahnya ‘Hussein’ sempat nyaris menjadi ganjalan di masa kampanyenya saat lawan politiknya menyebarkan isu bahwa ia muslim. Dan sekarang Barack Hussein Obama adalah Presiden Amerika Serikat, bukan Indonesia.

4 Tahun Obama Hidup di Indonesia, Terus Kenapa?

Apakah lantas kenangan Obama selama 4 tahun di Indonesia akan membuat Amerika lebih baik pada kita? Secara pribadi, Obama mungkin. Tapi dia sekarang mewakili Amerika. Oke, George Bush memang brengsek. Super brengsek malah! Tapi dia tidak sendirian mengacaukan dunia. Ada para senator Partai Republik di belakangnya. Nah, Partai Demokratnya Obama juga bukan partai demokratnya SBY. Tidak sedikit para senator Demokrat yang mendukung perang di Irak, misalnya. Konon ada juga orang demokrat yang berperan menyokong embargo senjata ke Indonesia sehingga membuat armada pesawat F-16 kita jadi seperti armada kapal capung karena terhalang membeli suku cadang. Tidak sedikit pula senator di Amerika sana yang tidak suka Indonesia atau masih percaya bahwa negara berpenduduk mayoritas muslim ini sarang teroris.

Bahkan, ada kekhawatiran bahwa Obama sendiri punya niatan merombak tatanan rundingan perdagangan bebas dunia yang sudah bertahun-tahun diperjuangkan negara dunia ketiga demi melindungi kepentingan negaranya, Amerika! Jangan lupa, kepentingan macam inilah yang membuat banyak orang Indonesia tidak sadar bahwa sudah belasan tahun terakhir ini kita makan tempe yang kedelainya ditanam oleh petani di Amerika sana, sementara petani kedelai kita sengsara setengah mati.

Dan Obama kini tengah bersiap menggodok kebijakan pemerintahannya setelah ia dilantik 20 Januari nanti. Bisa dipastikan, dia akan mengawali kepemimpinannya dengan membenahi ekonomi Amerika yang carut marut, bukan ekonomi Indonesia yang kini tengah jadi ajang pesta pora para spekulan valas gara-gara nilai rupiah yang naik turun tidak karuan.

No comments yet

Recent Comments