Wednesday, February 28, 2007

Yahoo! pipe ... Keren


tOekang$ ls -lt | head -5

Kamu yang sudah biasa dengan UNIX command pasti tau perintah sederhana diatas dan pasti paham juga fungsi pipe (|) yang menyaring output-nya perintah ls (menampilkan seluruh isi direktory) hanya pada 5 baris pertama saja.

Barangkali karena fungsi pipe yang seperti saringan itulah, to redirect output to different output format you want to, makanya maenan barunya Yahoo! mereka namai as Yahoo! pipe juga.
Ya ... Yahoo! pipe bekerja mirip pipe tadi, saring menyaring output, hanya saja yang disaring dalam hal ini adalah content dari feeds.

"Pipes is an interactive feed aggregator and manipulator. Using Pipes, you can create feeds that are more powerful, useful and relevant." pesan Yahoo dihalaman depan Yahoo! pipes.

Gunanya untuk apa seh ?
OK, misalnya gini, kamu suka dengan berita-berita dari detikinet sehingga bermaksut berlangganan (atau sudah ?) berita dari detikinet.com. Tetapi kamu hanya tertarik dengan berita tentang Virus saja. Nah dengan Yahoo! pipe kamu bisa lakukan itu. Tinggal masukkan feednya detikinet tadi dan saring dengan category "Virus". Hasilnya adalah feed baru yang hanya menampilkan berita yang ada tulisan "Virus" saja. Got it ? Hehehe ... Yah ...Heaven is the limit ... Kamu bisa lakukan banyak banyak banyak hal lagi dengan Yahoo! pipe depend on kreatifitas kamu.

Btw,
Kalau kamu blogger user, kamu musti tau bahwa output feed dari blogspot disort berdasarkan "update post" dan bukan "date post". Ini (mungkin) mengganggu misal saat kamu mengupdate salah ketik di postingan lama kamu maka postingan ini akan berada di bagian teratas saat feed kamu dibaca oleh Feed Reader. Nah dengan Yahoo! pipe masa alah tadi bisa kamu akali. Tinggal masukkan feed blog kamu di Yahoo Pipe dan filter dengan type sort Ascending".
Hasilnya adalah feed baru yang sudah disort berdasarkan tanggal post. Baca selengkapnya di blognya Aditya ini atau Ramani atau langsung aja pakai hack hasil clone-an hacknya Ramani di alamat ini

No comments yet

Recent Comments