Wednesday, June 20, 2007

Apa itu Podcast


A podcast is a digital media file, or a series of such files, that is distributed over the Internet using syndication feeds for playback on portable media players and personal computers.

The term "podcast" is a portmanteau of the name of Apple's portable music player, the iPod, and broadcast. [Wiki]

Intinya podcast itu adalah media suara dalam bentuk file yang ditaroh di website/blog dan bisa di download atau di sedot pake Feed Readermu. Kalau sudah didownload ? ...Ya tentu saja buat didengerin :P

Ada beberapa alasan kenapa Podcast ini belum begitu populer. Thread berikut diambil dari milis teknologia, tanpa ijin :D, sbb:

Tanggal: Rab 16 Mei 2007 14:37
Dari: "Adinda Praditya"

Hai list,...

Saya lagi wondering (apa ya, kata Indonesia yang cocok? 'penasaran' ya?) tentang podcasting di Indonesia. Saya googling hasilnya masih sedikit banget. Saya tanya ke temen-temen, rata-rata mereka nggak tahu apa itu podcast. Apa hal ini disebabkan karena koneksi yang belum bagus di Indonesia? Tapi sebagian warga jakarta yang 'ngantor' dan ada akses internet yang cukup baikpun saya kira belum mengenalnya (koreksi kalo saya salah).

Lalu apa kira-kira penyebabnya? Mengapa media ini masih belum banyak dilirik orang di Indo? Padahal mp3 player dengan kapasitas besar bukan lagi barang mahal. Share dong ...

Dari beberapa komen, komen dari Mas Amal berikut ini yang menurut saya paling cocok sbb:

Tanggal: Sel 19 Jun 2007 22:08
Dari: "Ikhlasul Amal"

1. karena bagi saya suara itu (hanya) untuk musik atau bercakap-cakap. Saya tidak terlalu suka berpidato atau mendengar pidato (dibanding menulis atau membaca teks). Termasuk mendengar radio yang isinya percakapan dengan nara sumber dan laporan kemacetan lalu-lintas -- mending mereka putar musik non-stop.

2. navigasi lebih sulit. Mencari bagian yang penting di sebuah rekaman audio bisa menyita waktu lebih banyak dibanding teks.

3. kurang interaktif, sehingga seperti (1) seolah-olah menikmati media satu arah. Mau pasang komentar, lacakbalik ("trackback"), dan hal-hal lain yang bersifat interaksi gagasan lebih sulit. Di alat bantu berbasis teks yang seperti ini sudah otomatis.

Suara baru terasa penting pada saat mengobrol "online" ("chat"), soalnya capek juga harus mengetik banyak dan bersifat respon seketika.

No comments yet

Recent Comments