Tuesday, July 3, 2007

Belajar pemrograman itu mudah


Jaman doeloe jadul itoeh:-?, karena tuntutan kurikulum saya terpaksa belajar kerja di sebuah perusahaan BUMN yang cukup kaya raya. Saat itoeh, kami-kami, mahasiswa-mahasiswi kere, masih nenteng kotak disket berisi DOS, wordstar, ChiWriter(?) dan lotus. Namoen sialnya itoeh disket rupanya virusan. Saya baru nyadar, keringat dingin :-S saat itoeh viroes bikin rusak harddisk seorang staff yang komputernya selalu saya pinjam pakai buat ngetik laporan.

Terpacu oleh pengalaman tidak wuennnak itoelah akhirnya saya mempelajari simusuh kurang ajar tadi. Berbekal elmu trial & error saya mulai otak-atik bahasa assembler. Buku panduan bahasa assembler datang kemudian tapi porsi terbesar elmu yang didapat lebih pada pengalaman otodidak. Awalnya syusyah .. La wong background saya :-$ bukan IT. Pernah sih dapet pelajaran fortran, tapi itupun hanya sekali seminggu selama enam bulan saja :D.

Awalnya binun #:-S tapi lama-lama malah mengasyikkan. Bikin tidur larut apalagi saat hampir menemukan metode baru yang bisa bikin itoeh makluk ciptaan tidak terdeteksi B-) sama Vscan, Tbscan dan Avp. Waktu itoeh daftar interupt-interupt sampai hapal luar kepala. 1ch timer, 27h memory resident =:), 21h kembali kedos (?), lupa ah.. ;)

Sisi baiknya pernah ditempa belajar begituan, dijaman gini saya jadi nggak nemu kesulitan kalau ketemu bahasa pemrograman baru. Paling juga begitu-begitu juga :D

.. ah masa laloeku ;))

No comments yet

Recent Comments