Sunday, July 1, 2007

Mempercepat kinerja browser dengan Proxomitron


Kaget saya telat hampir 3 tahun. Ya, seharusnya saya kaget tiga tahun yang lalu. Awalnya saya mau sharing tools/program-program yang pernah dan atau saya pakai selama ini. Dan saya mau sharing soal proxomitron. Proxomitron adalah program web filter yang sangat powerful. Saya memakainya pada jaman dahulu itu :-$, jaman masih sering:-?... pokoknya jaman dulu lah :D

Proxomitron awalnya di bikin oleh Scott R. Lemmon untuk dipake sendiri dan akhirnya dia memutuskan untuk membaginya kepada semua orang. Saya pernah email beliau, bertanya tentang beberapa hal dan balasannya cukup bagus dan informatif. Malam ini saya kaget waktu mau sharing soal proxomitron trus buka proxomitron.org isinya sudah beda dengan yang ada di memory saya. Dari hasil googling rupanya sang Master sudah dipanggil olehNya.

Proxomitron adalah program yang mengintercept HTTP traffic dari dan ke web server. Simplenya gini deh. Pada waktu kamu mengetikkan URL, misal namakamu.blogspot.com dibrowser kamu, enter, maka browser kamu akan mengirimkan baris-baris perintah tertentu ke web server-nya blogger. Blogger.com akan membaca perintah tersebut kemudian membalasnya dengan mengirimi/mengupload isi dari namakamu.blogspot.com untuk di tampilkan di browser kamu.

Nah, fungsi Proxomitron disini adalah sebagai jembatan/filter dari arus masuk dan keluar dari perintah-perintah yang dikirim/diterima oleh si browser. Dengan itu berarti Proxomitron bisa melakukan banyak hal seperti ngebunuh cookies, ngebante iklan pop-up yang nyebelin ituh, dan banyak lagi, misal memodifikasi pesan di HTTP header misal nama browser yang kamu pake, ngeblock IP address tertentu, me-redirect browser kamu melewati remote proxy, misal lewat anonymous proxy sehingga bisa kamu pake buat ngadalin blog yang jidatnya dipaksa visitornya ditempelin bendera:P.


Singkatnya program ini layak pakai buat kamu yang ini mempercepat kerja browser saat nampilin suatu blog/web. Program ini cocok buat kamu yang nggak suka :-S dengan cookies yang diem-diem di taroh di komputer kamu, anti iklan pepsi popup, pengen jadi anonymous surfer dll.

Well, untuk jelasnya silakan baca tentang proxomitron ini di wiki, dan detailnya tentang apa yang bisa dilakukan oleh proxomitron di website clone-nya proxomitron.org yang lama, yaitu: proxomitron.info.
Yang langsun mau nyobi, download aja programnya disini

No comments yet

Recent Comments