Monday, January 22, 2007

Dilema Google-Analytics


Sepedas-pedasnya what the hell menulis, kamerad satu ini masih tetap menjaga perasaan daripada orang yang daripada yang mananya ditakuti daripada akan terluka perasaannya. duh melownya ... xxxanalytic yang dimaksut wadehel sebenarnya barang lama dari Google. Julian Firdaus pernah mengamati dan mempublish hasil treking-trekingan Mbah Google ini di blognya. (Peringatan pemerintah, kamu akan diloading'i 10an graphic images disana :D)

Google Analytics (dulunya, Urchin) adalah free service dari Mbah Google yang fungsinya untuk mengetahui karakteristik pengunjung yang datang ke blog/web kamu, misalnya tamu kamu datang keblog kamu setelah mengklik nama kamu di blogroll blog mana, dari negara mana, berapa lama nongkrongnya di blog kamu, link mana saja yang sudah diklik, jam-jam kunjung dlsb. data statistik yang sangat berguna bagi webmaster sehingga mereka bisa mengoptimalkan iklan-iklan di blog/web mereka supaya tepat sasaran.

Misal, hasil dari statistik Google Analytics ini, kebanyakan orang yang berkunjung ke blog kamu datang dari Google dan Yahoo lewat pencarian kata-kata yang mengandung unsur sex (terjemahin sendiri :P). Dengan berbekal info ini, supaya iklan kamu laku dan diklik orang tentulah kamu harus menyesuaikan diri dengan mengganti iklan kamu. Namanya juga pedagang :) Harus menyesuaikan diri dengan selera pasar ;)

Tertarik dan berminat ? Kamu bisa daftar disini. Dan untuk kamu yang berinternet lewat LAN kamu bisa menambahkan sedikit code ini karena menurut blog tadi Google-Analytics nggak bekerja di LAN.

Tapi kalau kamu ragu dan malah menganggap Google berteman dengan spammer atau malah nggak suka dimata-matai atau merasa service ini malah bikin lambat saat loading page suatu blog atau web, karena Google Analytics bekerja dengan cara mendownload file javascript (urchin.js) ke komputer kamu (client), diem disana memata-matai kamu dan melaporkan kelakuan kamu saat berinternet ke rumah moyangnya, Mbah Google (server).

Kalau kamu type blogger seperti ini, kamu bisa menyetop aksi Google-Analytics tadi dengan menambahkan baris berikut ke file "hosts" dikomputer kamu (You need an administrator access to do that):

# [Google Inc]
127.0.0.1 www.google-analytics.com

File "hosts" bisa ditengok di direktori berikut:

Windows 95/98/Me c:\windows\hosts
Windows NT/2000/XP Pro c:\winnt\system32\drivers\etc\hosts
Windows XP Home c:\windows\system32\drivers\etc\hosts

Dan karena kamu memang dalam suatu usaha untuk bisa loading page suatu blog tanpa diganggu sama Google Analytics, sekalian saja kamu tambahkan lagi baris-baris berikut, buat nyetop iklan-iklan Goggle, Iklan Ad sen-senan yang biasa ditaroh di blog itu.

# [Google Inc]
127.0.0.1 adwords.google.com
127.0.0.1 pagead.googlesyndication.com
127.0.0.1 pagead2.googlesyndication.com
127.0.0.1 adservices.google.com
127.0.0.1 imageads.googleadservices.com
127.0.0.1 imageads1.googleadservices.com
127.0.0.1 www.googleadservices.com
127.0.0.1 apps5.oingo.com

Dan kalau kamu sudah melakukan itu semua, kamu barulah boleh bangga sama kampanye kamu dengan menaroh banner berikut di blog kamu :)

No comments yet

Recent Comments