Monday, March 26, 2007

Widget Picasa Web Album


Memang tidak salah lagi pilihan saya ngeblog di rumahnya Mbah Google. Dengan satu account di Gmail saya bisa mendapatkan banyak service gratisan yang ditawarkan si Mbah. Salah satunya yang masih hangat adalah service
Picasa Web Albums. Ya, si Picasa dah dibeli sama si Mbah dan ditawarkan untuk dipakai gratis sama kita. Space yang ditawarkan si Mbah, gratis 1GB. Terlalu sedikit ? O, maunya 100GB ? Oalah ... Emang photo apaan yang mau di aplot sampai segitu besarnya keperluan space buat nyimpen photo. Gratis 1GB, mau lebih ? ya bayarlah hahaha :D

OK, kembali ke laptop.
Dengan Picasa Web Album, saya singkat dengan PWA, semua photo yang sudah kamu upload ke blog kamu di blogger dot com bisa dilihat dalam satu album, dishare, di bikin private atau di embed di Web/Blog kamu juga bisa.

Kelebihan yang lain dari PWA ini adalah disediakannya service PWA API. Bisa di baca disini di
Google Code Blog (GData for Picasa Web Albums) dan disini, GDATA API (Picasa Web Albums Data API Developer's Guide). Maksutnya ? errgh .... whateverlah, good news-nya phydeaux3 sudah membuatkan widget siap pakai buat kita. Dengan ini nantinya slideshow dari Cover Album Photo kamu di Picasa Web Album bisa dipajang di blog kamu.

OK, seperti biasa, step-stepnya sbb:
1. Enter Picasa Web Albums, masukkan username dan password Gmailmu disana
2. Maen-maen dululah disana. Upload photo, bikin album baru, pokoknya puas-puasin dulu dengan maenan baru.
3. Kalau sudah puas, klik kanan pada tulisan RSS di pojok kanan bawah Album Photo kamu, kopi link location dari RSS tersebut.
4. Buka PWA Widget, pastekan hasil kopian link tadi ke bar kosong (disebelah kiri "Goto the Picasa Web Album")
5. Klik tombol "Generate Widget and Code"
6. Done. Kamu tinggal mengkopi script tersebut ke blog kamu. Jika kamu ngeblognya di blogger.com, Klik aja gambar ini untuk menginstall widget tersebut otomatis ke blog kamu.

No comments yet

Recent Comments